Graha Inspirasi

www.grahainspirasi.com

HOTLINE 021 21381712 | 082167330774

div class="medium"> 550311D0 +62 821 6733 0774

Reza Nurhilman! Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih

Kategori : Kanal Inspirasi



Reza Nurhilman! Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih

 

Taukah anda siapa Sang Presiden Maicih? Dia adalah Reza Nurhilman, pemuda kelahiran Cimahi pada tanggal 29 September 1987. Reza merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara yang hanya dibesarkan oleh seorang ibu. Si bungsu ini berasal dari keluarga yang kurang harmonis atau bercerai. Karena keadaan itu, dia sempat terjerumus ke hal-hal yang negatif seperti mabuk dan tawuran. Pria yang biasa dipanggil AXL ini  merupakan sosok pengusaha muda Indonesia yang sukses. Kerja keras dan inovasinya yang sangat luar biasa ini menjadikan produknya menjadi sangat fenomenal dan heboh di Indonesia. Pasar marketing yang dibidik pun unik dan inovatif, media jejaring sosial seperti twitter ia manfaatin untuk media informasi produknya “Maicih” atau keripik setan yang saat ini menjadi icon kota Bandung dirintis oleh Reza sebagai presiden maicih pada tahun 2010.

Kisah suksesnya bermula dari sebuah resep keripik lada enak dari seorang emak-emak yang sering menggunakan Icih (ciput). Dengan bekerja sama dengan produsen keripik pedas di kota Cimahi yaitu ibu Ade, Reza memulai usaha keripik pedas Maicih dengan modal awal 15 juta dan produksi 50 bungkus per hari. Varian awalnya hanya keripik dan gurilem yang diproduksi dari level 1 sampai dengan level 5 dan dipasarkan dengan cara berkeliling dan memanfaatkan akun sosial media secara word of mouth dengan hashtag #maicih. Pada awal tahun 2011, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama CV. 29 Synergi. Perusahaan ini kemudian meraih kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merek dagang ‘Maicih’ pada Februari 2011

Kemudian PT. Maicih Inti Sinergi memisahkan diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin meningkat. Perusahaan ini resmi didirikan pada tahun 2011 dengan Reza Nurhilman sebagai Komisaris. Adapun susunan manajerial PT. Maicih Inti Sinergi sangatlah unik, karena bukan direktur ataupun sales yang ada dalam susunan jabatan dalam perusahaan ini. Namun, nama Presiden, Menteri Pangan, menteri Perhubungan, Menteri SDM, dua Menteri Menkominfo, dan Menteri Keuangan lah yang ada dalam susunannya. dan tak ketinggalan pula nama agen yang di ubah menjadi Jenderal. Untuk Jenderal sendiri total saat ini sebanyak 144 orang, terbagi menjadi 4 kategori jenderal, yaitu: Jenderal Sepuh, Jenderal Batch 1, Jenderal Batch 2, dan Jenderal Batch 3. Sedangkan untuk menghindari pemalsuan produk, Logo ‘Maicih’ mulai dipatenkan hak ciptanya. Produk Maicih dari PT. Maicih Inti Sinergi diantaranya  Keripik pedas level 3, keripik pedas level 5, keripik pedas level 10, baso goreng (basreng), gurilem, seblak pedas original, dan seblak keju pedas. Produk Maicih dari PT. Maicih Inti Sinergi yang resmi hanya bisa didapatkan di Jendral dan Tim Jendral Maicih sendiri. Selain keunikan dari susunan manajerialnya, strategi pemasarannya pun juga unik. Maicih dijual dengan cara yang berbeda dengan produk-produk lainnya. Reza Nurhilman memanfaatkan media sosial untuk memasarkan maicih.

Hanya dengan berkampanye lewat media sosial, Maicih, merek keripik pedas asal Bandung, berhasil menaklukkan hati para Icihers. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang ingin naik kelas menjadi “Jendral” Maicih. Efeknya, baru satu setengah tahun, omzet Maicih menembus Rp 7 miliar per bulan.  Yang membuat unik dari Maicih adalah sebutan atau istilah yang dilemparkan manajemen Maicih ketika berkomunikasi dengan para calon konsumen dan pelanggannya melalui Twitter. Ada “Emak” (nenek) untuk pembuat keripik Maicih dan “Cucu” untuk konsumennya. Kemudian, ada “Jendral” untuk reseller-nya, “Icihers” sebutan gaul penggemar Maicih, “Republik Maicih” untuk manajemen, hingga  istilah “tericih-icih” untuk menggambarkan ketagihan akan pedasnya Maicih. Pencapaian Maicih saat ini adalah telah membuat varian produk keripik pedas hingga level 10, permintaan konsumen sangat tinggi dengan kapasitas produksi sampai saat ini mencapai  2000 bungkus per hari dan pemasaran yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Dalam sebulan omzet yang dikantongi bisa mencapai Rp 800 juta sampai Rp 900 juta. Di mana sehari saja, bisa mencapai keuntungan Rp 30 juta. Saat ini selain terus membangun PT. Maicih Inti Sinergi dengan ekspansi usaha ke bidang properti (Maicih Property), Karena pencapaiannya itu, berbagai penghargaan telah Reza Nurhilman dapatkan dari berbagai institusi hingga sekarang, Reza sibuk memberikan pelatihan-pelatihan untuk menginspirasi anak-anak muda dan mencetak jutawan-jutawan baru dalam meraih impian demi orang-orang yang dikasihi dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, Reza pun kerap tampil sebagai pembicara di berbagai kampus di Jakarta dan Jawa Barat, menjadi wakil dari budaya lokal dalam acara-acara tertentu. Reza juga belasan kali diliput atau jadi pembicara di media cetak (majalah dan koran) maupun elektronik di sejumlah tv dan radio di tanah air. Kunci sukses pada bisnis yang dilakukan Reza adalah terletak pada bagaimana cara dia berpikir “out of the box”. Hal ini ternyata ampuh dilakukannya terbukti dengan usaha yang dia jalani sekarang sangat menjadi bahan perbincangan di kalangan anak muda. Reza sukses karena berkat ketekunan dan keyakinannya mengenai bisnis yang dia jalankan. Jiwa wirausaha yang tidak hanya menciptakan kesejahteraan bagi dirinya tapi juga lingkungan sekitarnya, dijalankan oleh Reza dan Republik Maicih yakni bekerja sama dengan warga setempat di sebuah kampung di Bandung, Jawa Barat untuk memproduksi Maicih. Hasilnya, warga merasakan perubahan yang signifikan dan taraf hidup yang lebih baik.

 

Sukses itu bisa datang darimana saja dan kapan saja, apalagi di era zaman modern sekarang ini banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika kita mau bersungguh-sungguh memanfaatkan dunia digital.

Sumber : berbagai sumber